Dinosaurus Beparuh Bebek

Dinosaurus ini memiliki hidung yang panjang dan rata seperti paruh bebek. Nama ilmiah hewan ini adalah Hadrosaurus. Sebagian besar hewan ini memiliki benjolan, tanduk kegunaan nya untuk mengeluarkan suara. Berikut jenis-jenis dinosaurus paruh bebek:

1. Edmontosaurus : Di dalam genus Edmontosaurus terdapat salah satu spesies hadrosaurid terbesar dengan panjang mencapai 12 meter (39 ft) dan massa sekitar 4,0 ton metrik. Beberapa spesimen tidak hanya meliputi tulang-tulang, tetapi juga sisa-sisa kulit dan kemungkinan isi perut. Genus ini diklasifikasikan sebagai genus hadrosaurid saurolophine (atau hadrosaurine), anggota kelompok hadrosaurid yang tidak memiliki jambul besar yang panjang, tetapi memiliki jambul kecil yang seperti sisir. Edmontosaurus tersebar secara merata di Amerika Utara bagian barat. Persebaran fosil Edmontosaurus menunjukkan bahwa dinosaurus ini lebih menyukai wilayah pesisir. Dinosaurus ini herbivora dan dapat bergerak dengan dua atau empat kaki. Karena fosilnya ditemukan dalam endapan yang mengandung banyak fosil Edmontosaurus, dinosaurus ini diduga hidup berkelompok dan mungkin berpindah-pindah tempat. Karena ada banyak fosil, peneliti dapat mempelajari paleobiologinya secara rinci, seperti otaknya, cara makannya, serta luka dan patologinya, seperti serangan Tiranosaurus terhadap salah satu spesimen Edmontosaurus.
Image result for edmontosaurus wikipedia indonesia

2. Lambeosaurus : Bagian depan paruh lambeosaurus tidak bergigi, namun di bagian belakangnya terdapat barisan panjang pipi bergerigi untuk mengunyah makanan.Nama lambeosaurus berarti kadal milik Lambe.
Dinosaurus lambeosaurus memiliki tanduk berongga berbentuk kapak di bagian depan kepala dan sebuah tanduk kecil bertulang di bagian belakang kepala.
Dinosaurus lambeosaurus makan tumbuh-tumbuhan dan hidup berkelompok dengan damai.
Dinosaurus lambeosaurus hidup di zaman Kretasius, 77 juta tahun silam.
Berat badan dinosaurus lambeosaurus 2.700 kilogram.
Image result for lambeosaurus indonesia

3. Parasaurolophus : adalah dinosaurus berparuh bebek atau hadrosaurid dari Periode Kapur Akhir , sekitar 76,5 juta - 73 juta tahun yang lalu. Parasaurolophus adalah dinosaurus terkenal, terkenal karena jambulnya yang panjang, seperti tabung yang diyakini digunakan sebagai fitur komunikatif. Parasaurolophus berhabitat di Isla Nublar dan Isla sorna . Mereka adalah hadrosaurus yang hanya ada di Isla Nublar. Memiliki tubuh sepanjang 10 meter, tinggi 4 meter, berat 2-3 ton.
Image result for parasaurolophus wikipedia indonesia

4. Corythosaurus : Namanya berarti "helm kadal", Corythosaurus memiliki panjang diperkirakan 9 meter (30 kaki), dan memiliki tengkorak, termasuk puncak, yaitu 70,8 cm (27,9 in) tinggi. Corythosaurus memiliki panjang rata-rata 9 meter (30 kaki). Corythosaurus hidup dari ~ 77-75,7 juta tahun yang lalu
Image result for corythosaurus wikipedia indonesia

No comments:

Post a Comment